Buku Paibp Sd/Mi Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017
Buku PAIBP SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017
Buku PAIBP SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017 - Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan pembiasaan beberapa nama mata pelajaran, antara lain, yakni mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
![]() |
| Buku PAIBP Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017 |
Secara khusus, dalam kurikulum 2013, disusun kompetensi inti. Kompetensi inti adalah kemampuan yang harus dimiliki akseptor didik melalui kompetensi dasar yang diorganisasi dalam pembelajaran integratif dan pendekatan pembelajaran siswa aktif.
Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan pedoman agama dan budi pekerti menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan buku ini yakni untuk menawarkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan evaluasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting, yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu:proses pembelajaran, evaluasi, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua peserta didik.
Dengan demikian tujuan pembelajaran dibutuhkan dapat tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu menyebarkan potensi peserta didik supaya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, pandai, cakap, kreatif, mampu bangkit diatas kaki sendiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Misi diutusnya Nabi yaitu untuk menyempurnakan keluhuran budbahasa. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur’an ini digunakan struktur gramatika yang memperlihatkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.
Dalam struktur anutan Islam, pendidikan etika ialah yang terpenting. Penguatan kepercayaan yakni dasar. Sementara, ibadah yakni sarana, sedangkan tujuan akhirnya yaitu pengembangan budpekerti mulia.
Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya yakni yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya yakni yang paling baik akhlaknya.” Dengan kata lain, hanya adab mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan doktrin dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan budbahasa yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk menyebarkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, penerima didik tidak hanya dibutuhkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan penerima didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap penerima didik dengan ketersediaan aktivitas yang ada pada buku ini. Guru mampu memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-aktivitas lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Implementasi Kurikulum 2013 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh alasannya adalah itu, penulis mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, penulis mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memperlihatkan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan khususnya di Indonesia.
Buku PAIBP SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017
- Buku Siswa Kelas IV Agama Kristen Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas IV Agama Khonghucu Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas IV Agama Kristen Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas IV Agama Islam Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas IV Agama Hindu Revisi 2017.pdf
- Buku Siswa Kelas IV Agama Buddha Revisi 2017.pdf
- Buku Guru Kelas IV Agama Kristen Revisi 2017.pdf
- Buku Guru Kelas IV Agama Khonguchu Revisi 2017.pdf
- Buku Guru Kelas IV Agama Kristen Revisi 2017.pdf
- Buku Guru Kelas IV Agama Islam Revisi 2017.pdf
- Buku Guru Kelas IV Agama Hindu Revisi 2017.pdf
- Buku Guru Kelas IV Agama Buddha Revisi 2017.pdf
Demikian semoga materi Buku PAIBP SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 4 Revisi 2017 yang kami bagikan saat ini akan bermanfaat untuk melengkapi manajemen pembelajaran di masing-masing sekolah terutama khusus sekolah yang memakai kurikulum 2013.
