Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, IPS dan PKN.Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-Citaku Kelas 4 SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 6.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 34-44 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Perhatikan gambar di atas! Apa yang dapat kamu ceritakan dari gambar tersebut? Ya, kamu dapat memiliki lebih dari satu cita-cita. Cita-citamu pun tidak harus berupa profesi tertentu. Cita-cita seseorang merupakan impian yang ingin dicapai karena ia memiliki minat dan kesukaan. Minat dan kesukaanmu terhadap bidang tertentu dapat membantumu meraih cita-cita.

Siti ingin menjadi peneliti di bidang tumbuhan. Ia suka berkebun. Halaman rumahnya ditumbuhi berbagai tanaman. Siti juga suka membaca buku tentang tumbuhan. Bagaimana dengan kegiatanmu di rumah?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 35

Ayo Berlatih
1. Apakah cita-cita atau impianmu?
2. Kegiatan apa saja yang kamu suka lakukan di rumah?
3. Kegiatan apa sajakah yang kamu sukai di sekolah?
4. Kegiatan apa yang menurutmu paling sulit dilakukan?
5. Jelaskan kegiatan apa saja yang dapat membantumu untuk meraih citacita!

Alternatif Jawaban : 
1. Cita-citaku ingin jadi pelukis
2. Menggambar dan mewarnai
3. Membaca buku yang bergambar
4. Menggambar dengan rapih
5. Belajar dan berlatih


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 36

Ayo Berlatih
Cari tahulah mengenai kegiatan-kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh temanmu! Lakukan tanya jawab dengan teman sebelahmu!
Sebelum melakukan tanya jawab, buatlah pertanyaan-pertanyaan untuk membantumu menemukan informasi yang diperlukan!

Contoh pertanyaan untuk mencari tahu tentang kegiatan yang disukai dan kegiatan yang sulit dilakukan oleh teman, sebagai berikut.
1.  Apakah kegiatan yang kamu sukai?
2.  Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
3.  Apakah kegiatan penting yang sulit kamu lakukan?
4.  Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
5.  Pekerjaan apakah yang kamu cita-citakan?
6.  ..........................................................................
7.  ..........................................................................
8.  ..........................................................................

Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Ada banyak jenis kegiatan yang daat kamu lakukan. Semuanya memiliki manfaat untuk mencapai cita-citamu Oleh karenanya, kamu harus terus berusaha mengatasi kesulitan-kesulitan dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat tersebut!

Alternatif Jawaban :
1. Apakah kegiatan yang kamu sukai?
Jawaban : Bermain bola

2. Mengapa kamu menyukai kegiatan itu?
Jawaban :Karena bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar

3. Apakah kegiatan penting yang sulit kamu lakukan?
Jawaban : Mencetak gol

4. Mengapa kegiatan itu sulit bagimu?
Jawaban : Karna untuk mencetak gol membutuhkan tendangan akurat agar menghasilkan posisi bola yang terarah ke gawang lawan

5. Pekerjaan apakah yang kamu cita-citakan?
Jawaban : Pemain sepak bola
Apakah kegiatanmu sama dengan kegiatan temanmu? Apa kesimpulanmu tentang cita-cita temanmu?
Jawaban : Kegiatan saya dan teman saya berbeda saya suka menggambar dan mewarnai sedangkan teman saya suka bermain sepak bola.

Ayo Membaca 
Ada banyak kisah tentang orang-orang yang meraih mimpi besarnya  dengan menghadapi kegagalan terlebih dahulu.
Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!

Kisah Sukses Mengatasi Kegagalan
Michael Jordan, Pemain Basket Dunia 
Saat duduk di bangku SMA, Michael pernah gagal masuk tim basket sekolahnya.  Ia dianggap tidak cukup tinggi untuk memenuhi persyaratan masuk tim kebanggaannya. Dengan usaha yang sangat keras, ia terus berlatih dan berlatih.

Pada saat menjadi pemain basket kelas dunia pun, ia banyak mengalami kegagalan. Ini pengakuannya: “Sepanjang karir saya, lebih dari 9.000 tembakan saya meleset. Saya pernah kalah dalam 300 pertandingan. Paling tidak, 26 kali saya dipercaya untuk melakukan tembakan penentu kemenangan, dan saya gagal. Saya telah berkali-kali mengalami kegagalan. Tetapi karena kegagalan itulah saya berhasil.”

Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Listrik
Semasa sekolah ia pernah dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Thomas kecil bermasalah dengan pendengarannya. Ia harus berusaha lebih keras dari temantemannya yang lain dengan belajar sendiri di rumah dan membantu ibunya yang miskin.

Dengan belajar sendiri di rumah, Thomas membaca banyak buku yang memacunya melakukan berbagai macam percobaan di bidang sains. Beribu kali ia gagal. Dua ribu kali ia mencoba kembali. Ia tak pernah menyerah. Kegigihannya berbuah manis, sehingga kita dapat menikmati terangnya lampu pijar ciptaannya. Dapatkah kamu bayangkan jika ia menyerah?

Thomas menceritakan rahasia keberhasilannya. “Jika saya ditanya apakah yang dapat membuat seseorang berhasil dalam hidupnya. Jawaban saya sama. Orang itu harus terus menambah kegagalannya. Jika kamu takut gagal, kamu tidak berani mencoba dan berusaha.”
Sumber: www.life.com dengan penyesuaian

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 38, 39

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apakah mimpi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison?
2. Kegiatan apa saja yang senang dilakukan oleh keduanya?
3. Tantangan apa saja yang dihadapi Michael Jordan dan Thomas Alva Edison untuk meraih mimpinya?
4. Bagaimana cara mereka menghadapi kegagalannya?

Bagaimana denganmu?
1. Tantangan apa saja yang akan kamu hadapi untuk meraih impianmu?
2. Bagaimana kamu akan menghadapi tantangan tersebut?
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44


Alternatif Jawaban :
1.Mimpi Michael Jordan adalah ingin menjadi pemain basket kelas dunia
Mimpi Thomas Alva Edison adalah menciptakan lampu pijar

2.Belajar dengan giat

3.Tantangan yang dihadapi Michael Jordan adalah gagal mencetak skor pada skor penentu
Tantangan yang dihadapi Thomas Alva Edison adalah bermasalah dengan  pendengarannya dan ekonomi rendah.

4. Mereka menghadapi kegagalan dengan cara selalu mencoba dan terus mencoba dari kegagalannya itu dia menuai hasilnya.

Bagaimana denganmu?
1. Tantangan apa saja yang akan kamu hadapi untuk meraih impianmu?
Jawaban : Belum bisa menggambar dengan rapih

2. Bagaimana kamu akan menghadapi tantangan tersebut?
Jawaban : Berlatih dan terus berlatih

Ayo Mengamati
Beni yang berbadan kecil sangatlah gesit dan tangkas. Dayu yang gemulai, pandai menari. Lihatlah Siti yang lincah, sungguh sigap gerakannya. Lani yang senang berolahraga pun sangat bugar. Kenampakan luar mereka sangatlah beragam. Namun semuanya memberikan manfaat!
Perhatikan gambar berikut!
Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Negara Indonesia yang terletak di titik persilangan antara berbagai bangsa menyebabkan beragamnya ras yang ada di Indonesia. Ras berkaitan dengan ciri-ciri fisik atau ciri tubuh. Setiap suku di Indonesia mempunyai ciri fisik yang berbeda. Masyarakat yang tinggal di Pulau Papua dan Pulau Aru merupakan satu kelompok ras yang berbeda dengan kelompok lainnya.  Kelompok masyarakat Sakai dari Riau, suku Kubu dari Sumatra Selatan, suku Tomuna dari Pulau Muna, masyarakat Enggano di Bengkulu dan masyarakat Mentawai memiliki kemiripan satu dengan yang lain. Masyarakat Batak, Toraja, dan Dayak ada dalam kelompok ras tersendiri. Demikian juga dengan kelompok masyarakat Madura, Jawa, dan Bali memiliki ciri fisik yang hampir serupa.
Sumber : http://www.guruips.com

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 41

Ayo Berdiskusi
Bersama dengan teman sekelompokmu diskusikan beberapa pertanyaan berikut!
1. Bagaimana keragaman orang-orang yang ada di sekitarmu? Adakah ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakannya?
2. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia?
3. Apakah manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita?
4. Jelaskan hasil diskusimu di depan kelas!

Alternatif Jawaban :
1. Keragaman orang-orang disekitar saya sangat beragam karena banyak pendatang yang menetap di kota saya.
Ada, ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakan seperti warna kulit dan perawakan

2. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada di Indonesia

3. Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bersosialisai dengan masyarakat di sekitar kita dan menjalin komunikasi lebih baik

4. Orang-orang disekitar saya sangat beragam karena banyak pendatang yang menetap dan mereka memiliki ciri-ciri fisik berdasarkan suku asal yang membedakan mereka seperti warna kulit dan perawakan, manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik suku-suku yang ada di Indonesia adalah kita lebih mengenal dan menghargai keragaman yang ada dan Manfaat mengetahui keragaman ras dan ciri fisik masyarakat di sekitar kita adalah agar dapat bersosialisai dengan masyarakat dan juga dapat menjalin komunikasi lebih baik.

Ayo Membaca 
Perbedaan ciri fisik antarras dan suku bangsa memperkaya keragaman masyarakat Indonesia. Keragaman yang menguatkan satu dengan yang lain sebagai bangsa Indonesia yang berbesar hati hidup rukun dalam perbedaan.
Keunikan tersebut disampaikan pada sebuah puisi.

Baca dan simaklah puisi berikut!
Tanah Airku, Tanah yang Beragam
Karya: D. Karitas

Kamu menyebut dirimu orang Toraja
Dia menyebut dirinya orang Papua
Aku menyebut diriku orang Madura
Kami menyebut diri kami, orang Indonesia

Kamu bersyukur dilahirkan di tanah para raja
Dia berterima kasih bergelar Mutiara Hitam
Aku bangga disebut sebagai Punggawa
Kami bersujud dikenal sebagai Nusantara

Tanah airku, tanah titipan para dewa
Tanah airku, tanah pusaka
Tanah airku, tanah yang beragam
Segalanya ada untuk manusia Indonesia

Mari kita rawat ibu pertiwi ini
Mari kita sayangi jagad Nusantara ini
Mari kita pelihara pusaka ini
Demi kita, bangsa Indonesia

Sudahkah kamu menyimak puisi tersebut?
Tahukah kamu makna puisi tersebut?

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan.

1. Bacalah kembali dengan saksama bait pertama puisi tersebut.
2. Secara bergantian, ceritakan apa yang kamu bayangkan saat kamu membacanya kepada  teman sebangkumu. Berdiskusilah.
3. Tuliskan hasil diskusimu pada bait pertama dalam sebuah paragraf.
4. Lakukanlah hal yang sama dengan bait-bait yang lain. Gunakan diagram di bawah untuk mencatatnya.
5. Bacalah kembali makna setiap bait di dalam puisi tersebut. Lalu ringkaslah menjadi satu paragraf yang lain untuk mewakili makna keseluruhan puisi tersebut.
6. Bacakan hasil diskusimu dengan teman sebangkumu di depan kelas.


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 43, 44

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44

Alternatif Jawaban :
Makna puisi bait pertama adalah beraneka ragam suku, kita semua adalah orang Indonesia

Makna puisi bait ke dua adalah rasa syukur dan bangga lahir di Indonesia

Makna puisi bait ke tiga adalah Indonesia kaya akan segalanya untuk seluruh rakyat Indonesia

Makna puisi bait ke empat adalah ajakan untuk merawat, menyayangi dan menjaga Indonesia

Makna puisi secara keseluruhan adalah Indonesia memiliki beraneka ragaman suku dan bangsa. Indonesia yang memiliki banyak kekayaan bagi seluruh rakyat Indonesia Kita harus bersyukur dan bangga hidup di Indonesia. Oleh karena itu kita harus merawat, menyayangi dan menjaga Indonesia demi bangsa Indonesia.

Keragaman di Indonesia tidak melulu tentang budaya dan tradisinya. Adanya keragaman alam juga mengakibatkan beragamnya sumber daya alam yang ada. Salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan adalah sumber daya berupa pertambangan. Bahan yang ditambang adalah berbagai jenis mineral dan logam, seperti emas, timah, nikel, batu bara, dan bauksit.

Ayo Mengamati
Perhatikan di lingkungan tempat tinggalmu! Carilah informasi tentang sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerahmu! Kemudian, lakukan
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4 sampai 5 siswa.
2. Carilah informasi mengenai sumber daya alam yang terdapat di daerahmu.
3. Tuliskan sumber daya alam yang dapat diperbarui di daerahmu.
4. Tuliskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui di daerahmu.
5. Dimanfaatkan untuk apakah sumber daya alam itu bagi penduduk di daerahmu?
6. Buatlah laporan hasil diskusi kalian tersebut.

Alternatif Jawaban :
Pertanyaan no 2
Sumber daya alam yang terdapat di daerah saya adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan minyak bumi

Pertanyaan no 3
Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan

Pertanyaan no 4
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi

Pertanyaan no 5
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mememenuhi kebutuhan sandang (pakaian ), memenuhi kebutuhan pangan ( makanan ), memenuhi keputuhan papan (rumah ), dan pembangkit listrik.

Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa dengan dibantu oleh orang tua membuat puisi tentang sumber daya alam yang terdapat di daerahnya. Siswa dibantu mengenai penentuan sumber daya alam yang akan dibuat puisi.
kegiatan berikut!

Demikianlah artikel Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 35, 36, 38, 39, 41, 43, 44 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 4 dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih

Subscribe to receive free email updates: