Download Rpp Aqidah Akhlaq Mts. Kelas Vii, Viii, Ix Kurikulum 2013 Revisi

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlaq MTs Kelas VII, VIII, IX Kurikulum 2013 - RevisiHaloo... pa kabar semuanya... ?  perkenankanlah admin aplikasieducasi.blogspot.com menyebarkan materi perihal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Akidah Akhlaq untuk MTs. Kelas VII, VIII, dan IX Kurikulum 2013 Revisi. 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Akidah Akhlaq Kurikulum 2013 MTs Kelas VII, VIII, dan IX yang kami bagikan ini merupakan pembelajaran mata pelajaran PAI pada Jenjang MTs dipergunakan pada semester 1 dan semester 2 yang kami kemas dalam format file Microsoft Word, sehingga gampang untuk di edit disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlaq MTs Kelas VII DOWNLOAD  RPP AQIDAH AKHLAQ MTs. KELAS VII, VIII, IX KURIKULUM 2013 REVISI
RPP AQIDAH AKHLAQ MTs. KELAS VII, VIII, IX KURIKULUM 2013 REVISI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibentuk oleh guru pada awal semester tahun pelajaran, jadi dalam 1 tahun pelajaran, bapak dan ibu harus mempersiapkan dan menciptakan RPP untuk semester 1 dan semester 2, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan perangkat manajemen Guru dalam mengimplemtasikan pelaksanaan pembelajaran yang di berikan kepada peserta didik di kelas, untuk itu maka RPP sebaiknya dibentuk dengan baik dan benar berdasarkan kaidah kurikulum pembelajaran 2013.

Bagi bapak dan ibu tentunya sudah pada menyusun dan menciptakan RPP sebagai sarana untuk pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan barangkali sampai pada dikala ini masih kesulitan dan belum membuat RPP, pada kali ini kami bagikan teladan RPP Akhidah Akhlak Kurikulum 2013 untuk SMP/MTs, Kelas 7, 8, 9 semester 1 dan semester 2 yang sanggup dijadikan referensi bagi bapak dan ibu dalam menyusun RPP Akidah dan Akhlak.

Untuk memiliki file RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 SMP/MTs. Kelas 7, 8, 9 bapak ibu silahkan mendownload pada tautan link download yang sudah kami persiapkan dalam format Microsoft Word (doc), sehingga memudahkan bagi bapak dan ibu untuk mengeditnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah masing-masing.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    ...............................
Mata Pelajaran                   :    Akidah Akhlak
Tema                                    :    Akhlak tercela
Subtema                              :    Riya’ dan nifaq
Kelas/Semester                  :   VII/ Semester Genap

A.     Materi Pokok                 
Akhlak Tercela

B.     Alokasi Waktu   
1 2 Jam Pelajaran

C.     Tujuan Pembelajaran   
Melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demontrasi diharapkan siswa sanggup:
       1. menjelaskan pengertian perbuatan riya’ dan nifaq dengan benar
       2. mengidetifikasi bentuk-bentuk perbuatan riya’ dan nifaq dengan benar
       3. mengemukakan contoh-tumpuan perbuatan riya’ dan nifaq
       4. menyebutkan nilai-nilai negatif perbuatan riya’ dan nifaq

D.     Kompetensi Dasar                    
     3.6. Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq.
     3.7. Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku  riya’ dan nifaq  dalam kehidupan.
     3.8. Memahami dampak negatif perilaku riya’ dan nifaq dalam kehidupan.
     4.3.Mensimulasikan contoh sikap riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam.       kehidupan sehari-hari.
E.     Indikator PencapaianKompetensi
3.6.1  Menjelaskan pengertian riya1 dan nifaq
3.7.1  Menunjukkan contoh sikap riya dan nifaq
3.8.1. Menjelaskan imbas negatif prilaku riya’ dan nifaq.
3.8.2  Menyebutkan dampak positif menjauhi prilaku riya’ dan nifaq
    4.3.1 Mendemonstrasikan/mendramatisasikan pola perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam      kehidupan sehari-hari.

F.     Materi Pembelajaran
Akhlak Tercela
Riya’ dalah ........
Nifaq yaitu .......
Adapun pola-teladan sikap riya’ diantaranya....
Contoh-teladan sikap nifaq diantaranya.........
Dampak negatif perilaku riya’ dan nifaqdiantaranya....
Dampak positif menjauhi perilaku riya’ dan nifaq diantaranya....

G.    Metode Pembelajaran
metode ceramah, tanya jawab,diskusi dan demontrasi.

H.     Media Pembelajaran
LCD, Vidio
Gambar perilaku riya’ dan nifaq

I.       Sumber Belajar
Buku Akidah Akhlak ,Karya Toha Putra
Al- Qur’an dan Terjemahnya


J.      Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan do’a bersama dipimpin salah seorang siswa dengan hikmat.
b.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran siswa, kerapian, pakian, posisi dan daerah duduk sesui aktivitas pembelajaran.
c.    Mengajukan pertanyaan secara komonikatif berkaitan dengan bahan riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
d.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang ingin dicapai.
e.    Menyampaikan tahapan aktivitas pembelajaran mencakup pengamatan,menanyakan, medemontrasikan serta menyimpulkan berkaitan materi pembelajaran.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.   Mengamati
·      Siswa mengamati penjelasan bahan riya’ dan nifaq.
·      Siswa mengamati dampak negatif perilaku riya’ dan nifaq      dalam kehidupan.
·      Siswa mengamati pola perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Siswa mengamtai beberapa temannya yang belajar mendemonstrasikan sikap riya’ dan nifaq
b.  Menanya
·      Melalui stimulus guru, siswa diberi kesempatan bertanya wacana riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
·      Tanya jawab guru dan siswa, siswa dengan siswa tentang materi pembelajaran riya’ dan nifaq.
c.   Mengeksperimen/Mengexplorasi
·      Masing-masing kelompok mencoba mengartikan riya’ dan nifaq.
·      Masing-masing kelompok mencoba memberi referensi prilaku riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari.
d.  Asosiasi
·      Masing-masing kelompok saling memperjelas tentang pengertian riya’ dan nifaq.
·      Masing-masing kelompok mencoba membuat/memperlihatkan contoh prilaku riya’ dan nifaq beserta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitarnya
·      Masing-masing kelompok mengemukakan bukti perihal pengaruh perilaku riya’ dan nifak
e.   Komunikasi.
·      Menyampaikan hasil diskusi.
·      Secara bergantian antar kelompok, mendemonstrasikan sikap riya’dan nifaq
·      Membuat kesimpulan.

60 menit
3.
Penutup
·      Melaksanakan penilain
·      Menyampaikan materi berikutnya pada waktu yang akan datang
·      Do’a dan salam

10 menit

K.     SumberBelajar
Buku Akidah Akhlak ,Karya Toha Putra
Al- Qur’an dan Terjemahnya

L.     Penilaian Hasil Belajar
Penilaian tentang proses pembelajaran oleh guru untuk mengukur pencapaian kompetensi dan laporan kemajuan hasil pembelajaran.

Tugas; membuat rangkuman wacana:
1.    Pengertian riya’ dan nifaq
2.    memberi teladan prilaku riya’ dan nifaq
3.    menyebutkan efek prilaku riya’ dan nifaq
4.    mendemonstrasikan beberapa perilaku raiya’ dan nifaq

Observasi
1.    Mengamati pelaksanaan tanya jawab dan diskusi.
2.    Melihat contoh prilaku riya’ dan nifaq yang sampaikan oleh siswa.

Portofolio
Membuat paparan wacana pengertian, contoh prilaku dan dampaknya riya’ dan nifaq.

TesTes Tulis bentuk uraian;
1.    Jelaskan pengertian riya’ dan nifaq dengan benar!
2.    Berilah 5 contoh sikap raiya’ dan nifaq!
3.    Jelaskan imbas negatif sikap raiya’ dan nifaq!
4.    Jelaskan dampak positif menjauhi sikap raiya’ dan nifaq!

Kunci jawaban tes tulis uraian:
1.    Riya’ yaitu ..................., sedangkan nifaq adalah .......
2.    5 contoh sikap raiya’ dan nifaq diantaranya; ........................
3.    Dampak negatif perilaku raiya’ dan nifaq diantaranya.............
4.    Dampak positif menjauhi perilaku raiya’ dan nifaq diantaranya .............

Tes Lisan bentuk tanyajwab seputar;
. Pengertian riya’dan nifaq
. Dampak negatif perilaku riya’ dan nifaq


Non Test
a.    Instrumen Sikap Spiritual

No
Pernyataan
Ya
Tidak
skor
1
Seseorang yang berperilaku riya’ kelak akan mendapatkan akhir yang setimpal dari Allah



2
Seseorang yang berperilaku nifaq kelak akan mendapatkan akhir yang setimpal dari Allah



3
Seseorang yang menjauhi perilaku riya’ dan nifaq kelak akan mendapatkan jawaban pahala yang setimpal dari Allah



4
Setiap sikap buruk insan, tidak luput dari catatan Malaikat Allah



5
Setiap perilaku baik insan, tidak luput dari catatan Malaikat Allah




b.    Instrumen Sikap Sosial

No
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Skor
Jujur
Santun
Menghormati orang lain

1





2





3





Dst






Pedoman penskoran:

Skor 3 bila jujur, santun, dan Menghormati orang lain
Skor 2 jikalau kurang jujur, kurang santun, dan kurang Menghormati orang lain
Skor 1 jikalau tidak jujur, tidak santun, tidak Menghormati orang lain

              Skor perolehan
Nilai =  ----------------------  x 100
        Skor maksimal



Mengetahui,
Kepala MTsN............................



NIP. ......................................
.................., .................. 2019

Guru Mata Pelajaran



NIP. ........................................

Download Disini :

RPP Akidah Akhlak Kelas 7 K13 Semester 1 dan 2 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Semester 1.doc 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 7 Semester 2.doc 

RPP Akidah Akhlak Kelas 8 K13 Semester 1 dan 2 

RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Semester 1.doc 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 8 Semester 2.doc 

RPP Akidah Akhlak Kelas 9 K13 Semester 1 dan 2 

RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 9 Semester 1.doc 
RPP Akidah Akhlak MTs Kelas 9 Semester 2.doc
Mohon maaf apabila dalam penyampaian bahan ini ada kurangnya, supaya dapat menunjukkan manfaat kepada bapak dan ibu semuanya dan terimakasih atas atensinya mengunjungi website kami ini. 

Subscribe to receive free email updates: