Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, PKN dan IPS. Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-Citaku Subtema Kelas 4 SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 6.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 23-33 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Beni berjalan beriringan dengan Made. Made ter tarik dengan sebuah gulungan koran anak yang dibawa Beni. “Apa yang kamu bawa, Ben?  tanya Made. Aku ingin menunjukkan sebuah artikel di koran ini kepada Bu Guru, “ jawab Beni sambil tersenyum.
“Artikel tentang apakah itu, Ben? Aku jadi penasaran!” kata Made tidak sabar. “Ini tentang seorang pemuda yang berani, kawan! Walaupun masih muda, ia telah menjadi peternak dan pengusaha yang hebat!” kata Beni bangga.
“Wah!  Hebat!  Bolehkah aku membacanya sekarang?”  pinta Made tidak sabar.
“Hanya untuk kawanku, kau boleh membacanya sekarang sebelum aku memberikannya kepada Bu Guru,” jawab Beni sambil mengulurkan gulungan koran anak tersebut kepada Beni.
Apakah kamu juga ingin tahu isi artikel yang dibawa Beni?
Yuk, kita baca bersama!

Ayo Membaca 
Bacalah artikel berikut dengan saksama!
Peternak Muda dari Malang

Menjadi pengusaha di usia muda, mungkin bukan tujuannya. Ia hanya ingin membangun
usaha mandiri seusai kuliah. Seorang pemuda bernama Triyono merintis usaha peternakan bebek potong sejak tahun 2006 dengan modal seadanya. Berbekal ilmu peternakan yang didapatnya dari tempat ia belajar di Universitas Sebelas Maret, ia memulai usahanya.

Usaha peternakan bebek potong ia kembangkan hingga pada tahun 2007 ia mendapat inspirasi baru. Ketika melihat hewan-hewan kurban, ia berpikir untuk mulai membangun sebuah peternakan sendiri. Untuk mendapatkan dana, ia membentuk sebuah kelompok  bersama dan mengumpulkan dana dari teman-teman semasa kuliah.

Setahun kemudian, Triyono berhasil memiliki sebuah lahan. Meski lahan itu tak terlalu besar, ia dapat membangun beberapa kandang untuk mulai beternak dan sapi. Setelah usahanya berjalan, setahun berikutnya, ia mengembangkan usahanya untuk membangun peternakan dan pemotongan ayam.

Usaha Triyono kian membesar. Kini ia telah memiliki usaha ternak ayam, bebek, sapi berikut pemotongannya. Ia pun mengolah limbah peternakannya untuk dijadikan pupuk. Meskipun kini usahanya kian membesar, ia tidak cepat puas. Ia bermimpi bisa memenuhi pasokan daging sapi di Jakarta yang saat ini masih impor dari luar negeri.
Sumber: www.economy.okezone.com dengan penyesuaian 


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 25

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan artikel !

 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33


Alternatif Jawaban :
1. Pengusaha muda
2. Membangun sebuah peternakan
3. Kendalanya adalah modal dan lahan
4. Mimpi Triyono adalah bisa memenuhi pasokan daging sapi di jakarta yang saat ini masi impor dari luar negeri

Beternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hewan ternak adalah hewan yang dipelihara manusia untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hasil hewan ternak yang dapat dimanfaatkan berupa telur, daging, susu, dan kulitnya. Pemanfaatan tersebut tergantung jenis ternaknya.Adakah kegiatan beternak di sekitar tempat tinggalmu?

Ayo Mengamati
Perhatikanlah gambar-gambar berikut!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Pernahkah kamu melihat kegiatan tersebut?
Hewan-hewan tersebut dipelihara oleh manusia dan dimanfaatkan manusia sesuai dengan tujuannya. Para peternak berusaha agar hasil peternakannya memiliki kualitas yang baik.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 26

Ayo Berlatih
Keahlian apa saja yang dibutuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan hewan ternak yang berkualitas?
Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Alternatif Jawaban : 
Keahlian yang di butuhkan agar usaha peternakan dapat menghasilkan ternak yang berkualitas adalah :
1. Keahlian merawat hewan ternak
2. Memperhatikan kualitas pakan ternak
3. Keahlian dalam membersihkan kandang ternak

Selain beternak, kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lingkungan alam yang mendukung tumbuhnya aneka jenis tanaman pertanian. Kondisi tersebut menghasilkan produk pertanian dengan kualitas baik.

Perhatikan gambar-gambar hasil pertanian masyarakat Indonesia berikut ini!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Tumbuhan dapat tumbuh subur jika dirawat dengan baik. Selain perawatan, tumbuhan juga memerlukan lingkungan yang sesuai. Menurutmu, di lingkungan seperti apakah pohon apel dan mangga dapat tumbuh dengansubur? Di lingkungan seperti apakah sayuran brokoli, wortel, dan kol dapat tumbuh dengan subur?

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 28

Ayo Berlatih
Peta konsep adalah gambar yang menghubungkan satu ide utama dengan ide-de pendukung. Peta konsep dapat digunakan untuk menyajikan ringkasan suatu bacaan dengan menggunakan bagan atau diagram.

Buatlah peta konsep tentang lingkungan yang sesuai agar tanaman dapat tumbuh subur.
Alternatif Jawaban :
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33


Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan kondisi alam yang berbeda-beda. Perbedaan lingkungan alam itu menyebabkan perbedaan potensi sumber daya alam dan kegiatan penduduk.

Sumber daya alam ada berbagai macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbarui, ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Sumber  tetapi daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali dalam waktu yang tidak lama. Tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Kita dapat menghasilkan kembali tumbuhan dan hewan untuk dimanfaatkan. Tumbuhan dapat dihasilkan melalui usaha pertanian. Hewan dapat dihasilkan melalui usaha peternakan.


Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 29

Ayo Berdiskusi
1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2.  Diskusikan mengenai hal-hal berikut.
a.  Di antara lingkungan-lingkungan berikut, termasuk lingkungan apakah daerah tempat tinggalmu?
1)  Pegunungan
2)  Dataran rendah
3)  Pantai
4)  Lainnya ( tuliskan menurut pengamatanmu )
b.  Tuliskan potensi sumber daya alam yang ada di daerahmu!
c.  Tuliskan mata pencaharian (pekerjaan) penduduk di daerahmu!

 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33


Alternatif Jawaban No 3 
Lingkungan daerah tempat tinggal : Pegunungan
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran tinggi seperti kopi, teh, karet
Mata pencaharian atau pekerjaan penduduk : Perkebunan, pertanian, peternakan.

Lingkungan daerah tempat tinggal : Dataran rendah
Potensi Sumber Daya : Tanaman dataran rendah padi, jagung, kedelai, tembakau dan rotan
Mata pencaharian atau pekerjaan penduduk : Pertanian, buruh dan guru.

Lingkungan daerah tempat tinggal : Pantai
Potensi Sumber Daya : Pasir pantai, ikan, rumput laut dan garamlaut.
Mata pencaharian atau pekerjaan penduduk : Nelayan, petambak ikan dan petani garam.

Alternatif jawaban No 4
a. Sumber daya alam yang ada di daerah saya sesuai dengan lingkungannya
b. Pencaharian penduduk disekitar saya sesuai dengan lingkungannya

Jenis mata pencaharian atau pekerjaan penduduk di sekitar tempat tinggalmu ada berbagai macam. Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan sesuai dengan lingkunganmu? Apakah pekerjaan yang kamu cita-citakan berguna bagi masyarakat di sekitarmu? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, lakukan kegiatan di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 30

1.  Kegiatan dilakukan secara berpasangan dengan teman sebelahmu!
2.  Bertanyalah kepada temanmu mengenai hal-hal berikut.
a.  Apa cita-citamu?
b.  Apa manfaat cita-citamu bagi kehidupan di sekitarmu?
3.  Laporkan hasil jawabanmu pada diskusi kelas. Tuliskan hasil diskusi dengan mengisi tabel seperti berikut.
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Kamu sudah mengetahui beragam cita-cita teman sekelasmu! Dapatkah kamu membuat kesimpulan tentang cita-cita mereka yang beragam tersebut?
Tuliskanlah kesimpulanmu di bawah ini.
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33


Alternatif Jawaban No 3
Nama Siswa : Lani
Cita-Cita : Arsitek
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Menggambar dan mendesain rumah orang yang mau membuat rumah

Nama Siswa : Rara
Cita-Cita : Dokter
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : mengobati orang yang sakit

Nama Siswa : Dani
Cita-Cita       : Guru
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal: Mendidik murid dengan ilmu yang berguna

Nama siswa : Dayu
Cita-Cita : Polisi
Manfaat untuk lingkungan tempat tinggal : Melindungi dan mengayomi masyarakat

Kesimpulanku :
Cita-Cita teman-teman sangat beragam dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar, ada yang ingin jadi Arsitek sampai menjadi Polisi. Yang harus kita lakukan untuk meraih cita-cita adalah dengan belajar dan berlatih dengan tekun dan disertai do’a agar cita-cita kita tercapai.

Ayo Membaca 
Keragaman sumber daya alam, lingkungan, pekerjaan dan cita-cita memperkaya masyarakat Indonesia. Kini kamu tahu bahwa keragaman itu membuat hidupmu semakin berwarna. Keindahan keragaman dituangkan dalam puisi berikut ini.
Ayo, simaklah puisi berikut!

Hidupku Penuh Warna 
Karya: D. Karitas

Bukit-bukit itu membiru dari jauh
Laut itu pun membiru dari jauh
Mereka terlihat sama
Walaupun berbeda

Keduanya indah
Keduanya memesona
Walaupun berbeda
Keduanya tak terpisah

Aku, kamu, dan kalian
Cita-cita kita mungkin berbeda
Bukan siapa yang berlebihan
Tapi kita akan bersama meraihnya

Hidupku penuh warna
Seperti pelangi di bawah langit
Berbeda itu indah
Yang membuat kita bersyukur pada Ilahi

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 31, 32

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Apa judul puisi tersebut?  Siapakah pengarangnya?
2. Apakah yang kamu bayangkan ketika kamu membaca judul puisi tersebut?
3. Menurutmu, apakah isi puisi tersebut?
4. Berapakah jumlah bait dalam puisi tersebut?
5. Berapakah jumlah baris di setiap baitnya?
6. Tentukanlah rima setiap bait pada puisi tersebut!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33

Alternatif Jawaban :
1. Hidupku penuh warna
2. Hidup penulis puisipenuh dengan keaneka ragaman
3. Isi puisi diatas adalah tentang keaneka ragaman dan mengingatkan kita untuk bersyukur
4. Jumlah bait puisi adalah 4 bait
5. Jumlah baris puisi adalah 4 baris
6. Rima adalah persamaan bunyi pada ahir baris atau lirik
Rima bait pertama : a-a-b-b
Rima bait ke dua : a-a-a-a
Rima bait ke tiga : a-a-a-a
Rima bait ke empat : a-b-a-b

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 33

Ayo Renungkan

1. Apakah manfaat keragaman bagimu?
Alternatif Jawaban :
Kita dapat memahami keberagaman dan memaknai keberagaman

2. Sikap apakah yang perlu dikembangkan untuk menghadapi keragaman?
Alternatif Jawaban :
Sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya

3. Hal baru apa saja yang kamu temukan pada pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Menentukan Rima pada puisi Hidupku Penuh Warna

Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa membacakan puisi yang telah dibuat di sekolah di depan orang tuanya.
- Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang cara-cara yang ditempuh untuk mencapai cita-cita.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 25, 26, 28, 29, 30, 31, 32, 33- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 3  dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: