Aplikasi Kkm Sd/Mi Kelas 5 Kurikulum 2013 Semester 2 - Download

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013 : Kriteria Ketuntasan Minimal atau disebut dengan KKM merupakan kriteria ketuntasan Belajar (KKB) yang ditetapkan atau ditentukan oleh satuan pendidikan (Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas) atau sederajat.

Membicarakan tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berikut ini admin memberikan sebuah aplikasi berbasis EXCEL yang dapat membantu dan mempermudah dalam penyusunan serta penetapan KKM pada satuan pendidikan. Aplikasi ini kami sampaikan untuk mengukur dan memilih Ketuntasan Belajar Minimal pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar SD/MI Kurikulum 2013.


 Kriteria Ketuntasan Minimal atau disebut dengan KKM merupakan kriteria ketuntasan Belajar APLIKASI KKM SD/MI KELAS 5 KURIKULUM 2013 SEMESTER 2 - DOWNLOAD
APLIKASI KKM SD/MI KELAS 5 KURIKULUM 2013 SEMESTER 2

Sebelum membagikan Aplikasi KKM Sekolah Dasar/MI Kurikulum 2013,  yuuk...   kita ikuti penjelasan fundamental wacana apa itu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)..? simak lebih lanjut.

PENGERTIAN KKM :

Salah satu pedoman penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi yakni menggunakan teladan kriteria, yakni menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan siswa. Kriteria paling bawah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM]. KKM ditetapkan oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama dan KKM harus ditetapkan sebelum awal tahun pedoman dimulai.

Kriteria ketuntasan menunjukkan persentase tingkat pencapaian kompetensi sehingga dinyatakan dengan angka maksimal 100. Angka maksimal 100 merupakan kriteria ketuntasan ideal. Target ketuntasan secara nasional diharapkan mencapai angka minimal 75. Satuan pendidikan dapat memulai dari KKM dibawah target nasional kemudian ditingkatkan secara sedikit demi sedikit.

Dari semua tulisan di atas, sanggup disimpulkan pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM] yaitu kriteria paling rendah untuk menyatakan akseptor didik mencapai ketuntasan yang ditentukan oleh satuan pendidikan.

KKM ditetapkan oleh sekolah pada awal tahun pelajaran dengan memperhatikan :
  1. Intake (kemampuan rata-rata penerima didik)
  2. Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar)
  3. Kemampuan daya pendukung (berorientasi pada sumber belajar)


RAMBU-RAMBU KKM
  • KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mapel di satuan pendidikan 
  • Ketuntasan Belajar setiap indikator yang telah ditetapkanv dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%. 
  • Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan lingkaran denganv rentang 0 – 100 
  • Sekolah sanggup menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasanv mencar ilmu maksimal, dan berupaya secara sedikit demi sedikit meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal 
  • Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajarv Peserta didik

FUNGSI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL


Berikut ini akan kami jabarkan beberapa fungsi terkait Kriteria Ketuntasan Minimal [KKM], apa saja fungsi KKM? Silahkan disimak bersama:


  1. Sebagai pedoman bagi guru dalam menilai kompetensi penerima didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti. Setiap kompetensi dasar (KD) dapat diketahui tingkat tercapainya berdasarkan KKM yang ditentukan. Guru harus memberikan reaksi/ tanggapan yang sempurna terhadap pencapaian kompetensi dasar dalam bentuk pemberian layanan remedial atau layanan pengayaan. 
  2. Sebagai pedoman bagi penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran. Setiap kompetensi dasar (KD) dan indikator ditetapkan KKM yang harus dilampaui dan dikuasai oleh akseptor didik. Peserta didik diperlukan dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti penilaian supaya mencapai nilai melebihi KKM. 
  3. Bisa difungsikan sebagai bab dari komponen dalam melakukan suatu evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. Evaluasi dan hasil aktivitas kurikulum dapat dilihat dari keberhasilan pencapaian KKM sebagai parameternya. 
  4. Sebagai perwujudan kontrak pedagogik antara pendidik dengan penerima didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat. Keberhasilan pencapaian KKM merupakan upaya yang harus dilakukan bersama antara pendidik, peserta didik, pimpinan satuan pendidikan, dan orang bau tanah. Pendidik melakukan upaya pencapaian KKM dengan memaksimalkan proses pembelajaran dan penilaian. Peserta didik melakukan upaya pencapaian KKM dengan proaktif mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengerjakan kiprah-tugas yang telah didesain pendidik. Orang tua dapat membantu dengan menawarkan motivasi dan tunjangan penuh bagi putra-putrinya dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan pimpinan satuan pendidikan berupaya memaksimalkan pemenuhan kebutuhan untuk mendukung terlaksananya proses pembelajaran dan penilaian di sekolah. 
  5. Dijadikan sebagai sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran. Satuan pendidikan harus berupaya semaksimal mungkin untuk melampaui KKM yang ditetapkan. 
Dari klarifikasi singkat di atas tentunya kalian semua sudah paham perihal apa itu KKM lebih-lebih bagi tenaga pendidik/guru yang secara langsung menangani pembelajaran dilembaga pendidikan.  Untuk lebih jelas ihwal Penetapan KKM, silahkan dibaca wacana Prinsip Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) :

Baca :


Sesuai dengan judul materi posting diatas tentang Aplikasi KKM Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 5 Semester 2, berikut ini kami bagikan Aplikasi KKM yang dapat membantu kalian, Aplikasi ini dikemas dalam format Excel yang bagi kalian sudah sangat familiar sekali sehingga praktis dalam pengoperasiannya. 


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/MI Kelas 5 Semester 2 ini mohon maaf atas segala kekurangan dan sampai ketemu kembali pada bahan yang lebih update lainnya. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: