Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia dan IPA . Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-Citaku  SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 6.

Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2-9  terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.

 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Apakah kamu pernah membayangkan akan menjadi seorang apa di kemudian hari?
Apakah hal yang kamu bayangkan itu sebuah kegiatan atau sebuah pekerjaan?
Apakah kamu pernah membayangkan, kelak akan mengajarmenjadi seorang pilot, arsitek, dokter hewan, atau pekerja seni?

Pembelajaran 1

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 2, 3

Ayo Mengamati
Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Tuliskan kegiatan atau pekerjaan yang dijelaskan dari gambar. Jelaskan juga keahlian atau kegiatan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya.
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Alternatif Jawaban :
Gambar 1
Aku seorang Guru, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mendidik murid dengan ilmu yang berguna serta memberikan contoh sikap yang baik untuk diaplikasikan kemasyarakat.

Gambar 2
Aku seorang Arsitek, kegiatan utamaku sehari-hari adalah merancang bangunan dan mendesain bangunan.

Gambar 3
 Aku seorang Dokter Hewan, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mengobati hewan yang sakit dan merawat hewan yang sedang dalam pengawasan.

Gambar 4
Aku seorang Pelukis, kegiatan utamaku sehari-hari adalah mencari inspirasi dan ide mengenai materi lukisan dan melukis ide yang telah didapat dikertas atau kanvas.

Gambar 5
Aku seorang Pilot, kegiatan utamaku sehari-hari adalah menerbangkan pesawat dan membawa penumpang dengan aman ke tempat tujuan.

Bagaimana denganmu? Kamu pasti mempunyai mimpi dan harapan tentang kegiatan atau pekerjaanmu kelak. Itulah cita-cita.

Tuliskan tentang cita-citamu, kegiatan utama, dan keahlian yang harus kamu  miliki sehubungan dengan cita-citamu itu!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9
Alternatif Jawaban :
Cita-citaku ingin menjadi seorang pelukis, kegiatan utamaku adalah mencari inspirasi tema yang akan dilukis, keahlian yang harus saya miliki adalah menggambar dengan rapih dan menguasai teknik pewarnaan.

Ceritakanlah cita-citamu tersebut kepada teman sebangkumu!

Ayo Membaca
Udin dan Beni ternyata memiliki cita-cita yang sama! Mereka berdua ingin menjadi seorang guru. Menurut Udin, ia ingin menjadi guru karena gurulah yang membuatnya menjadi selalu ingin tahu tentang banyak hal. Udin menunjukkan sebuah tulisan dari sebuah majalah untuk menjelaskan pendapatnya tentang guru.

Bacalah teks yang ditemukan Udin berikut!
Cita-Citaku

Anganku melayang ke masa depan
Aku ingin menjadi seorang guru
Guru adalah pejuang ilmu di garis depan
Guru tanpa pamrih berbagi ilmu

Aku akan berusaha mencapai cita-cita
Tak kan lelah aku mencari ilmu
Tak kan aku berpangku tangan saja
Demi tercapainya cita-citaku

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 5

Ayo Berdiskusi
1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 3–4 siswa.

2.  Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memerhatikan temannya membaca puisi.

3.  Perhatikan bagian-bagian teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
a.  Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
b.  Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
c.  Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
d.  Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
e.  Tunjukkan keteraturan itu!

4.  Tuliskan kesimpulan hasil diskusimu pada kolom berikut ini!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Alternatif Jawaban :
Ciri-ciri puisi sebagai berikut :
1. Memiliki Judul
2. Terdapat bait yang terdiri dari beberapa kalimat
3. Keteraturan bunyi vokal (rima)
4. Menggunakan kata-kata indah

Puisi terdiri atas bagian-bagian yang merupakan kumpulan kata-kata yang disebut baris puisi. Baris-baris puisi terkumpul menjadi bagian-bagian yangdisebut bait puisi.
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Alternatif Jawaban :
Susunan bait puisiku:
Guru selalu membmbingku
Guru mengajakku untuk maju
Sungguh berjasa guruku
Kuingin membalas jasamu

Bandingkanlah susunan bait puisimu dengan milik temanmu! Bagaimana pendapatmu?
Lani  :  "Apakah aku bisa mengubah susunan baris dalam puisi itu, ya?"
Udin  :  "Menurutku seharusnya bisa, Lani. Asalkan maknanya kurang lebih sama. Kenapa, Lani?"
Lani  :  "Betul juga! Aku ingin menyusun puisi sendiri tentang cita-citaku."
Udin  :  "Benarkah? Apakah cita-citamu, Lani?"
Lani  :  "Aku senang dengan hewan. Aku ingin suatu hari nanti bisa menjadi dokter hewan  agar aku dapat membantu hewan-hewan yang sakit dan butuh pertolongan."
Udin  :  "Wah, hebat juga cita-citamu! Kebetulan aku punya beberapa hewan peliharaan di rumah. Mungkin besok, aku bisa membawa mereka kepadamu untuk diperiksa!"
Lani  :  "Ah, Udin! Jangan bercanda! Itu nanti saja ketika aku sudah belajar banyak tentang hewan."
Udin  :  "Baiklah, Lani!"

Ayo Mengamati
Apakah kamu memiliki hewan peliharaan seperti Udin? Apa saja hewan
peliharaanmu itu? Bagaimana kamu memeliharanya?
Amatilah hewan peliharaan di sekitarmu. Apakah hewan-hewan peliharaan itu mempunyai anak?
Perhatikan gambar beberapa hewan peliharaan berikut!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Gambar-gambar tersebut menunjukkan bahwa ada anak-anak hewan dan ada hewan yang sudah dewasa. Artinya, hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anakanak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapan-tahapan pertumbuhan hewan!

Ayo Membaca
Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan danperkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalamiperubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.
(Sumber: IPA Kelas 4 SD, Pusbuk 2009)

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 8, 9

Ayo Berdiskusi
1.  Buatlah kelompok diskusi yang terdiri atas 4–5 siswa.
2.  Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

3. Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar.  Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.
Alternatif Jawaban :
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

4.  Buatlah kesimpulan tahapan siklus hidup hewan.
 Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas  Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9

Alternatif Jawaban :
Tahapan siklus hidup hewan kucing dan ayam sebagai berikut
Siklus hewan adalah rangkaian proses tahapan hidup yang dilalui oleh hewan. Siklus hidup hewan kucing, kucing termasuk hewan vivipar ( melahirkan ) tahapan siklus hewan mulai dari anak hewan, masa remaja, dewasa.
Siklus hidup hewan Ayam, ayam termasuk hawan ovipar (bertelur) tahapan siklus hewan mulai dari telur, anak ayam, ayam remaja, induk ayam.

Presentasikan hasil diskusi kelompokmu secara bergiliran di depan kelas.
Ayo Renungkan
1.  Ingin menjadi apakah kamu kelak?
2.  Apa yang ingin kamu lakukan agar cita-citamu tercapai?
3.  Apabila cita-citamu sudah tercapai, apa manfaat yang dapat kamu berikan kepada orang  lain?

Kerja Sama dengan Orang Tua
Amatilah hewan-hewan peliharaan di sekitar rumahmu. Diskusikan bersama dengan orang tuamu tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan peliharaan tersebut.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 2, 3, 5, 8, 9 - Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 1 dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: