Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21, 22
Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21, 22- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran B.Indonesia, IPA dan SBDP. Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 4 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.
Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-Citaku Subtema Kelas 4 SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 6.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10-22 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal unt uk merawat hewan peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!
Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang
mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu di bawah ini bersama-sama dengan temanmu.
Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?
Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari air hujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Istilah atu tanda tempo sebagai berikut.
Amatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
1. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?
2. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"tersebut?
3. Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Alternatif Jawaban :
1. Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “ Kupu-Kupu yang lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah :
- Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “ Kupu-Kupu yang lucu adalah Lento ( lebih lambat )
- Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah Andante ( sedang ).
2. Perbedaan tempo pada lagu Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" adalah:
Tanda tempo pada lagu kupu-kupu yang lucu adalah tanda tempo lento yang berarti di nyanyikan dengan nada lebih lambat sedangkan nada tempo pada lagu tik-tik bunyi hujan adalah tanda tempo andante atau dinyanyikan dengan nada sedang .
3. Lagu Potong Bebek, tanda tempo Allegro ( cepat )
Tempo lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut. Salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi musik adalah biola. Adakah di antaramu yang ingin menjadi pemain biola?
Ayo Membaca
Simaklah puisi berikut!
Setelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apakah judul puisi tersebut ?
2. Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut !
3. Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
4. Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut ?
Alternatif Jawaban :
1. Cita-Citaku
2. Cita-citaku pemain biola
3. 3 bait
4. 4 baris
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Alternatif Jawaban :
Kesimpulannya adalah setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi cita-citaku adalah terdapat keteraturan bunyi vokal kata terahir setiap baris
Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!
Ayo Membaca
Alternatif Jawaban :
Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima. Ada jenis puisi yang
memiliki rima teratur, misalnya
a
i
a
i
atau lebih dikenal dengan a–b–a–b
Rima tersebut biasa terdapat pada jenis puisi lama, seperti pantun. Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas empat baris dengan rima akhir a-b-a-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata.
Ayo Mencoba
Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu.Apakah Kesimpulanmu ?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut daur hidup. siklus hidup atau daur hidup.
Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis.
Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya.
2. Telur kupu-kupu.
3. Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).
4. Larva berubah menjadi pupa (kepompong).
5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.
Berikut ini metamorfosis pada belalang.
1. Belalang dewasa siap bertelur
2. Telur belalang
3. Nimfa tak bersayap
4. Nimfa bersayap
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Alternatif Jawaban :
Daur hidup pada kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapnnya ( metamorfosis sempurna) sedangkan daur hidup pada belalang tidak semua tahapan
nya mengalami perubahan (metamorfosisi tidak sempurna ).
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap dalam daur hidup belalang mengalamai perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis
sempurna dan tidak sempurna?
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:
Alternatif Jawaban :
Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah hewan yang mengalami perubahan di setiap tahapnnya contohnya metamorfosis pada hewan nyamuk dan katak
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
Alternatif Jawaban :
Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah hewan yang tidak semua tahapan
nya mengalami perubahan contohnya metemorfosisi pada hewan jangkrik, ayam, kecoa
1. Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Daur hidup pada hewan
2. Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Bernyanyi dengan nada tempo lento dan andante
3. Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Mengetahui daur hidup hewan katak dan jangkrik
Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa dibantu orang tua mencari gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas untuk membuat daur hidup hewan.
- Gambar-gambar tersebut digunting dan ditempel pada selembar kertas sehingga membentuk daur hidup hewan. Pada di setiap gambar tahapan daur hidup hewan diberi keterangan singkat
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21, 22- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.
Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 6 Cita-Citaku Subtema Kelas 4 SD/MI adalah alternatif jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku Tematik Siswa Kelas 4 Tema 6.
Dalam Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 10-22 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif jawaban.
Siti bercita-cita menjadi seorang peneliti tumbuhan dan hewan. Ia suka sekali mempelajari pengetahuan tentang tumbuhan dan hewan. Banyak buku tentang hewan dan tumbuhan yang dibacanya. Pengetahuan itu digunakan Siti sebagai bekal unt uk merawat hewan peliharaannya dan tumbuhan yang ditanamnya.
Siti memelihara beberapa ekor kelinci di rumahnya. Kelinci-kelinci itu bermain bebas di belakang rumah Siti yang asri. Ada beberapa pohon tumbuh di halaman belakangnya. Pohon yang rindang menjadikan udara sejuk. Siti senang menghabiskan waktunya di sana untuk menyiram tanaman dan memberi makan kelincinya.
Perhatikan gambar halaman rumah Siti di bawah.
Selanjutnya, sebutkan jenis hewan yang ada di halaman belakang rumah Siti!
Apakah kamu melihat kupu-kupu yang hinggap pada bunga yang sedang
mekar? Kamu tentu ingat ada sebuah lagu tentang kupu-kupu. Ayo, nyanyikanlah!
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu di bawah ini bersama-sama dengan temanmu.
Bagaimana kamu menyanyikan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" tersebut?
Apakah kamu menyanyikan dengan cepat?
Apakah kamu menyanyikan dengan lambat?
Bagaimana perasaanmu jika lagu itu dinyanyikan dengan cepat?
Setiap hewan dan tumbuhan membutuhkan air. Air dapat berasal dari air hujan atau sumber air.
Coba bandingkan dengan lagu berikut!
Ada lagu yang dinyanyikan dengan lambat, ada juga lagu yang dinyanyikan dengan cepat. Cepat dan lambatnya lagu dinyanyikan disebut tempo lagu. Ada tanda atau istilah untuk menunjukkan tempo lagu.
Istilah atu tanda tempo sebagai berikut.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 14
Ayo MengamatiAmatilah kembali penulisan lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" di depan. Perhatikan tanda tempo yang ada pada lagu-lagu tersebut. Kemudian, cocokkan dengan keterangan atau istilah yang dipakai pada sebuah lagu untuk menunjukkan tempo lagu berikut.
1. Tanda tempo apakah yang terdapat pada notasi lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"?
2. Tahukah kamu perbedaan tempo pada lagu "Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan"tersebut?
3. Carilah notasi lagu yang lain. Amatilah tempo yang digunakan pada notasi lagu tersebut!
Alternatif Jawaban :
1. Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “ Kupu-Kupu yang lucu” dan “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah :
- Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “ Kupu-Kupu yang lucu adalah Lento ( lebih lambat )
- Tanda tempo yang terdapat pada notasi lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” adalah Andante ( sedang ).
2. Perbedaan tempo pada lagu Kupu-Kupu yang Lucu" dan "Tik-Tik Bunyi Hujan" adalah:
Tanda tempo pada lagu kupu-kupu yang lucu adalah tanda tempo lento yang berarti di nyanyikan dengan nada lebih lambat sedangkan nada tempo pada lagu tik-tik bunyi hujan adalah tanda tempo andante atau dinyanyikan dengan nada sedang .
3. Lagu Potong Bebek, tanda tempo Allegro ( cepat )
Tempo lagu digunakan untuk membantu penyanyi dalam menyanyikan sebuah lagu. Tempo lagu juga digunakan pemusik untuk mengiringi lagu tersebut. Salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi musik adalah biola. Adakah di antaramu yang ingin menjadi pemain biola?
Ayo Membaca
Simaklah puisi berikut!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 16
Ayo BerlatihSetelah menyimak puisi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apakah judul puisi tersebut ?
2. Coba buatlah judul lain yang sesuai dengan isi puisi tersebut !
3. Berapakah jumlah bait yang terdapat pada puisi tersebut?
4. Berapakah jumlah baris pada setiap bait puisi tersebut ?
Alternatif Jawaban :
1. Cita-Citaku
2. Cita-citaku pemain biola
3. 3 bait
4. 4 baris
Ayo Mengamati
Perhatikan kembali puisi "Cita-Citaku" dengan saksama. Amatilah bunyi vokal setiap kata terakhir pada setiap baris puisi!
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 4 Halaman 17
Apakah kesimpulanmu setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi di atas?Tuliskan kesimpulanmu pada kolom di bawah ini!
Alternatif Jawaban :
Kesimpulannya adalah setelah mengamati bunyi akhir baris-baris pada setiap bait puisi cita-citaku adalah terdapat keteraturan bunyi vokal kata terahir setiap baris
Coba bandingkan dengan bait puisi berikut!
Ayo Membaca
Alternatif Jawaban :
Bunyi vokal akhir pada baris-baris puisi disebut rima. Ada jenis puisi yang
memiliki rima teratur, misalnya
a
i
a
i
atau lebih dikenal dengan a–b–a–b
Rima tersebut biasa terdapat pada jenis puisi lama, seperti pantun. Pantun adalah sebuah bentuk puisi yang terdiri atas empat baris dengan rima akhir a-b-a-b. Setiap baris terdiri atas 4 atau 5 kata.
Ayo Mencoba
Carilah sebuah puisi anak dari berbagai sumber informasi. Kamu dapat mencarinya di majalah anak atau koran anak. Guntinglah dan tempelkan pada bukumu. Jangan lupa menuliskan nama penulisnya dan sumber informasi yang kamu gunakan. Salinlah puisi tersebut, lalu tentukan vokal terakhir dari setiap baris puisi tersebut! Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan teman sekelompokmu yang terdiri atas empat orang. Bandingkan hasil temuanmu.Apakah Kesimpulanmu ?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini!
Kepompong merupakan bagian dari pertumbuhan dan perkembangan kupukupu. Di dalam kepompong itu ulat akan berubah menjadi kupu-kupu. Proses pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup mulai dari lahir atau menetas hingga dewasa disebut daur hidup. siklus hidup atau daur hidup.
Kita sudah mengetahui daur hidup hewan peliharaan, seperti ayam, kelinci, dan kucing. Kupu-kupu memiliki daur hidup yang berbeda dengan daur hidup hewan-hewan tersebut. Kupu-kupu mengalami proses perubahan bentuk selama daur hidupnya. Proses perubahan bentuk tersebut dinamakan metamorfosis.
Berikut ini metamorfosis kupu-kupu.
1. Kupu-kupu yang siap bertelur mencari tanaman yang cocok untuk meletakkan telurnya.
2. Telur kupu-kupu.
3. Telur menetas mengeluarkan larva (ulat).
4. Larva berubah menjadi pupa (kepompong).
5. Kepompong akan menetas menjadi kupu-kupu.
Berikut ini metamorfosis pada belalang.
1. Belalang dewasa siap bertelur
2. Telur belalang
3. Nimfa tak bersayap
4. Nimfa bersayap
Kunci Jawaban tema 6 Kelas 4 Halaman 21
Ayo Berdiskusi1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa.
2. Perhatikanlah daur hidup kupu-kupu dan belalang di depan.
3. Diskusikanlah perbedaan daur hidup kupu-kupu dengan daur hidup belalang tersebut.
4. Buatlah kesimpulan hasil diskusimu!
Alternatif Jawaban :
Daur hidup pada kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapnnya ( metamorfosis sempurna) sedangkan daur hidup pada belalang tidak semua tahapan
nya mengalami perubahan (metamorfosisi tidak sempurna ).
Daur hidup kupu-kupu mengalami perubahan di setiap tahapannya. Sementara itu, tidak semua tahap dalam daur hidup belalang mengalamai perubahan. Kupu-kupu mengalami metamorfosis sempurna. Sebaliknya belalang mengalami metamorfosis tidak sempurna.
Dapatkah kamu menemukan contoh hewan lain yang mengalami metamorfosis
sempurna dan tidak sempurna?
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna:
Alternatif Jawaban :
Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah hewan yang mengalami perubahan di setiap tahapnnya contohnya metamorfosis pada hewan nyamuk dan katak
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna:
Alternatif Jawaban :
Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah hewan yang tidak semua tahapan
nya mengalami perubahan contohnya metemorfosisi pada hewan jangkrik, ayam, kecoa
Kunci Jawaban tema 6 Kelas 4 Halaman 22
Ayo Renungkan1. Apa saja hal baru yang kamu temukan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Daur hidup pada hewan
2. Keterampilan apa saja yang kamu kembangkan hari ini?
Alternatif Jawaban :
Bernyanyi dengan nada tempo lento dan andante
3. Hal menarik apa saja yang kamu alami dalam kegiatan pembelajaran hari ini?
Alternatif Jawaban :
Mengetahui daur hidup hewan katak dan jangkrik
Kerja Sama dengan Orang Tua
- Siswa dibantu orang tua mencari gambar-gambar dari majalah bekas atau koran bekas untuk membuat daur hidup hewan.
- Gambar-gambar tersebut digunting dan ditempel pada selembar kertas sehingga membentuk daur hidup hewan. Pada di setiap gambar tahapan daur hidup hewan diberi keterangan singkat
Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 6 Halaman 14, 16, 17, 21, 22- Pembelajaran Kelas 4 Tema 6 Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Pembelajaran 2 dari kami. Semoga kunci jawaban tematik kelas 4 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 ini dapat bermanfaat . Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terima kasih.